Puisi Kehidupan : Arti Kehidupan, Renungan

Hidup Itu….. (Praktek)



Kenang lama tengah keheningan
Di kelam kesunyian malam
Hanya menggaung kaki tak terperanjak
Membisu di pertapaan malam
Sampai denting hati di titik nol
Arti hakiki di cari cari
Ayat ayat kasih di peluk

Melukis kabut tanpa dimensi
Di berapa langkah tubuh singgah
Seberapa jauh jejak sampai manusia lacak
Hidup itu hidup
Hidup tak di kata

Menuai sepenggalah kata dengan memecah asa kemustakhilan
Selaksa anganĀ  buta
Larut di arus deras mimpi
Jauh menjauh
Semakin jauh diri memandang hati
Menilai diri semakin asing



NB : Dari kata yang jauh terpelesat mungkin tak kau temukan arti tersirat, dari sajak sajaknya hanya dialog setan yang tak terjemahkan,kata kata pedat,sesat.pergelaran kata kata tersendat di saat saat istirah. Beragam arti kehidupan, ketahuilah ia tetap dan terus berjalan, hilangkan arti teori,hidup itu praktek ( tak hanya sekedar perjuangan ).Bahkan tak enggan orang beranggapan hidup itu sudah susah,kenapa juga masih kau pikirkan yang susah susah ( arti kehidupan ). Di rambatan renungan kesunyian berpautan setitik pencerahan ” Laa Yukallifullohu Nafsan Illaa Wus aha ”
( sajak kolankolis)
About these ads

53 Komentar

  1. an9el said,

    Juni 14, 2009 pada 7:02 am

    hidup itu…….rentang waktu yang harus kita lalui hingga kita menutup mata

    Kh>>> mgkin itu jg sebagian arti dari pada kehidupan yang tak terjemahkan secara keseluruhan,…. :D

  2. siponang said,

    Juni 16, 2009 pada 8:30 am

    Cip cip cip….ajali Ponang dong

  3. coolk45 said,

    Juni 17, 2009 pada 11:39 pm

    TETAP SEMANGAT DALAM BERKARYA…
    SALAM SUPER & SELALU ACTION !!!

  4. SYmb4H3 said,

    Juni 17, 2009 pada 11:40 pm

    SALAM SUPER & SELALU ACTION !!!

  5. Ndoro Seten said,

    Juni 19, 2009 pada 6:44 am

    hei begitukah kata para pujangga?

    Kh>>> ku hanya ingin belajar mjd pujangga, tapi jelas ku bukan pujangga, jd itu mgkin bukan kata pujangga :D

  6. idana said,

    Juni 19, 2009 pada 2:19 pm

    idem dengan an9el….. :D
    hidup adalah perjuangan yang akan membawa kita ke titik akhir

    Kh>>> “titik akhir ” ya,,,?

  7. yenin said,

    Juni 19, 2009 pada 3:51 pm

    hmmm,..
    iyu,
    hidup mmg tak seindah angan
    berat prakteknya.
    n hrs berjuang tuk mempraktekanya*halah kok muter”

    Kh>>> dah berapa puteran Mbak…? hhmmm mgkin d jalani aja yah,… g usah d pikir pusing2 definisinya, hidup untuk mati atau mati untuk hidup…..? ghr…. ghr…

  8. wiyono said,

    Juni 21, 2009 pada 5:23 am

    Bubur eee.e. jujur adalah sifat terpuji yang dapat mencerahkan pikiran. Jujur sendiri berarti mendeskripsikan objek sesuai dengan apa adanya, jujur bisa dalam bentuk perkataan, perbuatan, keyakinan dan sederet sepak terjang lainnya. Signifikasninya tips kita dalam membahas masalah ini adalah, sesuai dengan slogan TIPS KITA yaitu menyelesaikan masalah sendiri secara mandiri..ayo tukeran link

  9. balisugar said,

    Juni 21, 2009 pada 7:37 am

    hidup puisi !!!!!!!!!!!!!

  10. Eyang said,

    Juni 21, 2009 pada 3:30 pm

    Dalem. Terpana.

  11. yangputri said,

    Juni 22, 2009 pada 12:13 am

    puisinya mantabs

  12. julie said,

    Juni 23, 2009 pada 2:29 am

    pada akhirnya kita hanyalah noktah

  13. Acmad Chafadzoh Arrosyid said,

    Juni 24, 2009 pada 9:24 am

    Dengan membaca syair tentang kehidupan……
    Aku merasa lebih semangat dan bertekad teguh dalam menghadapi
    Kehidupan ini…~~~….~~~****

    Kh>>> ya kehidupan harus d jalani bukan tuk d hindari, masalah tuk d seleaikan bukan d sembumyikan, semangat

  14. muhamaze said,

    Juni 24, 2009 pada 2:02 pm

    hidup hidupilah itu hidupmu…
    berpuisi juga hidup hehe..

    kh>>> trim bos

  15. Menik said,

    Juni 25, 2009 pada 3:57 pm

    hayah, saya jadi speechless.. ndak iso bikin puisi sebagus ini :D

  16. jidat said,

    Juni 26, 2009 pada 7:06 am

    selain itu hidup perlu perjuangan

  17. Die said,

    Juli 15, 2009 pada 4:54 pm

    Hdup adlh perjaln yg kdang skt n snang, , ,jngn prnh qt sesali smua yg prnh qt bwt,karna smua hny crta yg tk pernh brakhr. . .

  18. DANIS SETIAWAN said,

    Juli 26, 2009 pada 4:51 am

    SEBUAH MIMPI TENTANG KEHIDUPAN

    Terlahir dengan senyum membumbung
    terbesarkan kasih air mata tulus
    akankah terbalas dengan keindahan harapan

    semua keikhlasan terpaku pada harap,ingin dan anugerah……
    ternaung ku di pelupuk haru tak diinginkan
    bernafaskan hina,kotor dan terkucilkan,….

    aku bangkit dari semua kemunafikan
    aku keluar dari persemaian ragu..
    diatasnya aku beranafaskan keiklahsan harap.,
    tak kan terulang semua kehancuran itu,

    berwujud perubahan aku terinjak keinginan besar
    menggapai angan menunjukan satu harap seluruh
    yang diniginkan semuaq yang menghidupiku.

    By: dhanys_retrick,

  19. ADIEN JATI ASMARA said,

    November 6, 2009 pada 4:57 pm

    KEINDAHAN KATA KATA MEMANG MENUAI SEJAGAT AIR KATA KATA, AIR MAKNA, TAK TERJELAJAH RASA, SEBAB KATA HANYALAH KEBUASAN SESAAT TAPI MEMATIKAN

    Kh>>> kalau kata hanya berdiri sebagai sebuah kata, maka hanya kata, raib makna. temukan arti dari kata dengan merangkumnya menjadi sebuah hal yg bermakna. semua masih misteri kalau masih sebuah kata. :)

  20. desi said,

    November 7, 2009 pada 1:04 am

    Hidup itu nyata

    Kh>>> praktek dong tentunya :)

  21. Freddy Lingga said,

    November 13, 2009 pada 6:19 am

    berkata kata untuk kehidupan adalah modal mencari kebenaran yang hakiki

    Kh>>> Hmmmm :)

  22. Sidiq said,

    Desember 4, 2009 pada 1:42 pm

    Kata hanya sebuah benda dalam peti yang menjadikannya tiada
    Kalimat hanya pelengkap kata diwaktu sarapan dan minum secangkir kopi
    Agree…??

    Kh>>> Belum ngerti,…. :)

  23. Sidiq said,

    Desember 4, 2009 pada 1:47 pm

    Hidup itu indah…
    Penuh pnyesalan
    tetesan air mata
    berkumpul`y sobekan luka

    Kh>>> :)

  24. Desty said,

    Desember 7, 2009 pada 11:43 am

    Hidup adalah Tantangan ..
    tanpa Tantangan apalah arti kehidupan !!
    Jalani hidup itu dengan do’a dan ikhtiar

    Kh>>> :)

  25. Januari 20, 2010 pada 9:53 am

    puisi indah, terjalin dari kata demi kata
    pada sunting bahasa
    penuh makna
    nikmat bagi pembaca
    semangat tuk penyairnya
    salam jumpa dari penyuka puisi jendelakatatiti.wordpress.com

  26. Februari 2, 2010 pada 2:25 am

    Mengapa tuhan menciptakan kita untuk hidup sedangkan kita untuk mati………..????

    • N'ciez_Imoet said,

      Februari 20, 2010 pada 4:17 pm

      sobat, Tuhan menciptakan kita untuk lahir didunia ini karena Ia ingin kita tau dan merasakan nyata kasih-Nya melalui orang-orang yang ada disekitar kita, melalui orang-orang yang selalu menyayangi kita. Tapi, setelah kita dapat merasakan itu semua, Ia akan kembali memanggil kita untuk setia menemaninya disampingnya. Ketahuilah, Tuhan ada disamping kita, saat kita senang ataupun sedih. Walaupun kita sering lupa pada-Nya, yakinlah Tuhan selalu mengampuni dosa kita dan tetap ada disamping kita. GBU!!!

    • larasati said,

      Juni 27, 2010 pada 5:22 am

      karena kalau kita hidup kita bsa tau apa n bgmna tu mati.tapi kalo kita mati ga mngkin bisa dnk……?..

  27. obiet said,

    Februari 17, 2010 pada 4:05 am

    hidup tu adlh pilihan

  28. markus said,

    Maret 2, 2010 pada 1:28 pm

    is very2 good….

  29. ika said,

    Maret 6, 2010 pada 5:24 am

    luar biasa

  30. Maret 6, 2010 pada 3:03 pm

    hidup adalah hal yang sangat di butuhkan oleh semua manusia????jangan pernah menyerah menjalani cobaan hidup dari tuhan karena itu adalah kehendak tuhan?tetap semangat jangan”okey

  31. bhisma said,

    Maret 31, 2010 pada 5:03 am

    Karya Yang Bagus…penuh dengan makna dan pesan ….Potret kehidupan nyata yang ada di depan mata…!!!!!!

  32. wandy said,

    April 16, 2010 pada 3:39 pm

    yakin and berusaha. krna keyakinan sangat penting menjalanin dlm suatu kehidupan….

  33. ferry said,

    April 18, 2010 pada 12:12 pm

    puisinya bagus2 ….

  34. sari said,

    April 23, 2010 pada 5:28 am

    kehidupan??????
    ya begitulah kehidupan,,separti nano-nano

  35. sri rahayu said,

    Mei 7, 2010 pada 7:37 am

    alasan manusia untuk hidup,…..hidup harus syukuri,..terima takdir dan garis tangan yg tergambar penuh dengan ke ihklasan,…..

  36. very said,

    Mei 14, 2010 pada 9:02 am

    saya sangat menyukai puisi anda…
    sangat nyata dalam kehidupan

  37. kucing said,

    Mei 27, 2010 pada 4:42 am

    Aku rebah di antara rumpun kesunyian, Menyibak segala kenangan yang terselip melengkapi ruang hidup. Sesaat angan membawa kedukaanku lebur dalam senyum, lalu sejenak tinggalkan asaku merintih menghujat sang waktu.
    Aku takkan beranjak dari kesendirianku..,kugenggam erat intuisi dan ku rangkul indahnya kata hati.
    - mencari makna Hakiki -

    • juliet said,

      Juli 2, 2010 pada 10:11 am

      ngus banget krya u lanjutkan

  38. kucing said,

    Mei 27, 2010 pada 4:56 am

    Ajarkan padaku bagaimana mengerti hidup?, sungguh.. kesunyian telah membutakan aku, menutupi pendengaranku dan menempatkanku di ruang hampa tak bernyawa.
    Aku akui, pernah aku lari dari kenyataan dengan kesombonganku, jauh hingga aku tersesat di titik rasa kebanggaan.
    aku lelah..
    Adakah yang mengerti Aku? Aku dan semua kesombonganku.

  39. maharani lovensky said,

    Mei 31, 2010 pada 7:29 am

    hidup tak selalu mnyenangkan……………..

  40. maharani lovensky said,

    Mei 31, 2010 pada 7:32 am

    hidup hanya sementara

  41. elfalah said,

    Juni 12, 2010 pada 11:15 am

    syukuri hidup kita walau bagai manapun!!!!!!!!!!!!!!!!!

  42. igar jengger said,

    Juni 19, 2010 pada 5:38 am

    OMG,….siiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiip wes.//////////

  43. Yoexi said,

    Juli 25, 2010 pada 1:31 pm

    Perjalanan bgt panjang dan rumit mmg adlh misteri kehidupan….
    Terus brjalan meski nafas tersengal. Krn apapun yg trjd qt mmg hrs bertahan….

  44. setiawan said,

    Juli 27, 2010 pada 8:20 am

    hidup itu perlu pengorbanan, perjuangan.
    by: vinky

  45. hamzah bajry said,

    Juli 31, 2010 pada 8:44 am

    Hidup..,.,.,hidup itu perjuangan tiada henti, dari kt bayi sampai remaja,dari kt remaja sampai dewasa dan dari kt dewasa sampai akhir hayat kt……Dimana perjuangan itu berisi-kan hak dan kewajiban kt sebagai manusia.,,.,.,.,.cobalah bercermin pada hati kt masing2agar kt tau apa yg harus kt lakukan……

  46. fitri said,

    Agustus 27, 2010 pada 4:56 am

    hidup begitu indah tapi mengapa banyak orang yang berkomentar kalo hidup itu begitu keras. padahal jikalo kita menjalankan dengan ihklas, sabar dan tabah banyak hikma yang bisa kita petik dari setiap masalah yang sudah ada di depan kita. maka kita akan menemukan jawaban kalo hidup itu begitu indah tapi dengan cacatan kalo klo kita sabar,ihklas dan tabah

  47. FoE ZanE said,

    September 6, 2010 pada 9:23 am

    HidUp iTu piLiHan…
    -> aPa nYg qT piLiH…?
    -> aPa TuJuaN qT mEmiLiH…?
    -> baGai mNa cRA qT mMiLih…?

  48. irwan said,

    September 24, 2010 pada 7:21 pm

    hdup ini indah jngan di bawa susah
    meskipun kita di terjang sribu masalah
    pasti ada solusi’y percayalah………

  49. fitrian ismail said,

    Oktober 3, 2010 pada 10:14 am

    bukan hidup namanya kalau tanpa ada masalah..

  50. Nita said,

    Oktober 17, 2010 pada 12:47 pm

    sebuah kehidupan membuat q lbh prcy bhw setelah ini akan ada kematian..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: